PORTAL MEDIA ONLINE SEPUTAR NTB

Pendidikan

Pendaftaran SNPDB MANPK MAN 2 Mataram Dimulai,,,Ini Syaratnya

Spread the love

Mataram (postkotanews.com)-MANPK MAN 2 Mataram merupakan salah satu program unggulan madrasah di Indonesia. Sebanyak 10 MANPK di Indonesia termasuk yang ada di MAN 2 Mataram. Sebagai program unggulan pola pendidikan yang diterapkan dengan sistem asrama (Boarding School, red) di Madrasah Negeri dengan penguatan pada ilmu-ilmu agama dan keindonesiaan.

Program unggulan nasional ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan keislaman, keindonesiaan dan kemodernan yang baik. MANPK memang pondok pesantren modern bentukan pemerintah.

Outputnya diharapkan menjadi ulama’ dan umara’. Di Indonesia, alumni MANPK melakoni peran-peran penting nan strategis. Sebagian besar alumninya hingga saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Banyak di antara mereka sudah menjadi Ulama’ (Kiyai dan Tuan guru), Pejabat Pemerintah di beberapa Kementerian, Pengusaha, Duta Besar, Anggota Legislatif, Hakim, Jaksa, Guru Besar, Rektor, Dosen, Jurnalis dan jabatan mentereng lainnya.

Saat ini sejumlah 21 orang santri MANPK tengah belajar di Universitas Al-Azhar Kairo dengan berbagai jurusan dan dua orang dari kelas reguler. Sedangkan di Sakarya University-Turki jumlah alumni MAN 2 Mataram yang terdetek pada tracer study dua tahun terakhir ada empat orang, di Darul Musthafa-Hadramaut Yaman juga empat orang, Polandia, Australia, dan Eropa.

Jumlah alumni yang melanjutkan studi ke berbagai negara dan benua ini diharapkan terus bertambah setiap tahunnya. Ini juga untuk menaikkan branding anak madrasah di tingkat global.

Pemerintah pun serius mengelola MANPK. Hal ini dibuktikan dalam dua tahun terakhir, MANPK difasilitasi dengan beberapa gedung baru. Tak terkecuali MANPK MAN 2 Mataram. Sudah dua gedung penunjang diberikan, yakni Asrama Putra dan Laboratorium Keagamaan.

Dua bangunan ini didanai oleh SBSN (Surat Berharga Syari’ah Negara). Tentu dengan berbagai fasilitas wow di dalamnya, seperti kamar tidur full AC, kamar mandi, ruang baca, tempat berdiskusi, AC setiap ruangan, ruang pengasuh, wastafel, dispenser dan meubeler yang memadai.

MANPK kini banyak dilirik oleh masyarakat luas. Melalui perekrutan yang ketat dan pendanaan yang memadai berbasis proyek melalui Kementerian Agama Pusat serta penggodokan ilmu-ilmu agama (tafaqihu-fiddin) dengan branding kajian kitab kuning.

Pembelajaran dilakukan dua kali dalam sehari. Pagi hari, santri belajar di kelas layaknya siswa reguler yang lain, dan malam hari mereka mendalami Ilmu-ilmu Agama, pembimbingan Bahasa Asing, Kajian Kitab dan lain-lain.

Sebagian besar alumni MANPK diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta baik dalam maupun luar negeri, seperti: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, al-Azhar Kairo Mesir, Darul Ulum Yaman dan Turki dan berbagai perguruan tinggi lainnya.

Tahun Pelajaran 2022/2023 ini MANPK MAN 2 MATARAM bersama-sama dengan sembilan MANPK seluruh Indonesia membuka pendaftaran Peserta Didik Baru dengan kuota masih tetap sama seperti tahun sebelumnya, yakni hanya 48 siswa (24 putra dan 24 putri). Pendaftaran Seleksi Nasional peserta Didik Baru (SNPDB) MANPK seluruh Indonesia ini pun sudah dimulai sejak senin, 10 Januari 2022.

Agar tidak ketinggalan terkait penerimaan santri baru MANPK MAN 2 Mataram, pastikan tanggal-tanggal penting di tahun 2022 berikut:

(1) Informasi dan sosialisasi SNPDB: 03 Januari-14 Februari, (2) pendaftaran online jalur tes: 10 Januari -14 Februari, (3) pendaftaran online jalur prestasi: 10 Januari- 7 Februari, (4) seleksi berkas: 11 Januari-18 Februari, (5) pengumuman kelulusan jalur prestasi: 16 Februari, (6) pengumuman peserta CBT: 21 Februari, (7)  Ujicoba Computer Based Test (CBT): 23-24 Februari, (8) Computer Based Test (CBT): 26-27 Februari, (9) Tes Wawancara; 25-28 Februari, (9) pengumuman kelulusan: 16 Maret, (10) daftar ulang: 21-31 Maret, dan (11) Awal Masuk asrama: 16 Juli.

Ketua Panitia penerimaan santri baru MANPK sekaligus Waka bidang Keagamaan; Muhrim, M.Pd.I., terkait tentang persyaratan standar nilai bagi santri yang mendaftar melalui jalur tes, ia menyebut memastikan, tidak ada ketentuan nilai, yang penting lengkap persyaratan seperti yang ditentukan dari Kementerian, maka calon santri siap melenggang ke CBT dan tes wawancara.

“Tes ini berlaku untuk semua calon santri se-Indonesia. Jadi, MANPK MAN 2 Mataram menerima santri dari seluruh provinsi. Mulai tahun 2021, jika lulus menjadi santri MANPK, mereka berhak mendapatkan beasiswa sebesar 700 ribu/bulan/orang. Beasiswa tersebut berlaku untuk semua santri MANPK yang diterima, baik putra maupun putri,” beber ustaz berkaca mata ini, sembari menyunggingkan senyum khasnya.

Berikut ini akan disajikan persyaratan untuk bisa menjadi santri MANPK MAN 2 Mataram. Ada dua persyaratan umum yang harus dipenuhi, yakni: (1) persyaratan madrasah dan (2) persyaratan santri pendaftar.

Adapun madrasah yang berhak mengikuti SNPDB-MANPK MAN 2 Mataram tahun pelajaran 2022/2023 adalah: (a) mempuyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan (b) telah terdaftar di EMIS bagi madrasah dan DAPODIK (bagi sekolah) secara lengkap dan benar.

Persyaratan dari santri sebagai pendaftar harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

(a) tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2021/2022, (b) berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli Tahun 2022, (c) mendapatkan surat keterangan dari Kepala Madrasah/Kepala sekolah asal sebagai peserta didik berprestasi, (d) memiliki NISN dan terdaftar pada EMIS (bagi MTs) dan DAPODIK (bagi SMP), (e) mengunggah (upload) berkas persyaratan.

Berkas-berkas yang harus diupload itu, diantaranya, surat keterangan dari Kepala Madrasah/Kepala Sekolah bahwa yang bersangkutan masih duduk di kelas IX, foto kopi sah akta kelahiran/kenal lahir, pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 (max 300kb), sertifikat/penghargaan prestasi di bidang akademik dan keagamaan dalam bentuk JPG/PNG (maksimal 300 kb).

Kemudian surat keterangan Tahfiz al-Qur’an dari madrasah/sekolah sebagai salah satu bahan pertimbangan penentuan kelulusan dalam bentuk JPG/PNG (maksimal 300 kb), Surat keterangan Tahfiz Al-Qur’an minimal 20 Juz dari madrasah bagi peserta didik yang mendaftar melalui jalur prestasi tahfiz (maksimal 300kb).

Beberapa petunjuk teknis SNPDB MANPK antara lain, membuat akun yang akan digunakan selama proses SNPDB berlangsung, mulai dari pendaftaran hingga hasil kelulusan, silakan klik daftar dan buat akun. Jika sudah membuat akun tinggal klik kata ‘login’, mohon untuk mencatat email dan password yang dimasukkan ketika membuat akun.

Setelah mengklik login arahkan krusor ke Dashboard SNPDB, silahkan melengkapi data diri dan melengkapi semua persyaratan guna diverifikasi oleh panitia, pengumuman hasil seleksi akan diinformasikan melalui menu pengumuman pada Dashboard SNPDB dengan akun yang telah dibuat sebelumnya.

Sedangkan alur untuk melakukan pendaftaran yakni: klik website http://spdb-madrasah.kemenag.go.id/, memilih menu MAN Program Keagamaan, memilih video tutorial pendaftaran, membaca persyaratan, memilih jalur pendaftaran, mengisi MTs/SMP asal, memilih pilihan madrasah, input nilai rapor, menggugah persyaratan, menyelesaikan pendaftaran dan mencetak bukti pendaftaran.

Apabila ada hal-hal yang belum jelas bisa ditanyakan langsung kepada nara hubung berikut ini: Dr. Siti Rahmi, M.Pd.: +62-878-2211-3013, Muhrim, M.Pd.I: +62-819-3315-5959 dan Khoirun Nasihin, Lc., M.Pd.I: +62-853—3868-7503.

Apabila semua persyaratan terpenuhi, calon peserta didik atau santri tinggal menunggu waktu tes CBT dan wawancara. Untuk itu, siapkan amunisi untuk berperang. Selamat berjuang semoga sukses menjadi keluarga besar MANPK MAN 2 Mataram.(RIN)

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG: Humas MAN 2 Mataram

FB: Humas MAN 2 Mataram

YT: Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Leave a Reply