Tim Penilai Madrasah Reform dari Kanwil Kemenag NTB Lakukan Penilaian di Loteng

Lombok Tengah
Spread the love

LOTENG, (Postkotanews.com)- Tim penilai madrasah reform dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) NTB, turun lakukan penilaian di Lombok Tengah (Loteng).

Di Loteng sendiri, ada empat madrasah yang sukses mewakili Kemenag Loteng, dalam lomba madrasah reform, masing masing TK Perwanida, MIN 2, MTsN I dan MAN I Loteng.

Reform adalah program revolusioner reformasi madrasah yang diluncurkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI yang disupport penuh oleh World Bank, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah di seluruh Indonesia.

Kepala MTsN I Loteng, Masdiono, mengaku optimis dalam penilaian ini, madrasah yang ia pimpin optimis bisa unggul dari madrasah negeri lainnya. Pasalnya, dari beberapa hal yang akan dinilai, pihaknya sudah mempersiapkannya sehingga pihaknya tak ada keraguan, kalau dalam lomba ini MTsN 1 Loteng, mengungguli madrasah negeri lainnnya.

“Dari segi kesiapan, prestasi dan yang lainnya, sudah ingklut kami punya. Makanya dalam penilaian ini kami oftimis unggul,” katanya usai tim Penilai Kanwil Kemenag melakukan penilaian, Selasa (14/09).

Adapun penilaian dalam lomba ini, diantaranya dari aspek penilaian, mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, manajemen Madrasah baik. Selanjutnya, prestasi siswa, guru dan Tata Usaha baik, sarana dan Prasarana memadai.

Termasuk Berprestasi dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang kemarin selesai digelar, itu juga berpengaruh terhadap layak tidaknya madrasah tersebut mewakili Kemenag Loteng di tingkat Provinsi.

“Makanya saya bilang kita benar benar siap dinilai, dari seluruh aspek yang dinilai kita sudah penuhi, termasuk baru baru ini kita juga berprestasi dalam lomba KSM,” ujarnya.

secara terpisah, Kepala MAN 1 Loteng Lalu Syahdi mengaku, dalam lomba ini tak terlalu banyak yang ia siapkan. Sebab dari semua aspek atau unsur yang dinilai sudah matang sebelumnya, sehingga pihaknya tetap percaya diri kalau lomba madrasah Reform ini bisa mengantongi nilai memuaskan.

“Bukannya kita mengada ada, berbicara prestasi, siswa kita sudah banyak Berprestasi, termasuk sarana dan prasarana semua sudah lengkap. Makanya kami percaya diri,” katanya.

Pantauan Postkotanews.com, tim Penilai telah menyiapkan 3 jam untuk melakukan penilaian di masing masing madrasah yang mewakili Loteng dalam lomba madrasah reform.

Di MTsN 1 atau MAN 1 Loteng, tim penilai sangat alot memeriksa semua berkas yang dinilai. (AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *