Limbah Disulap Kerajinan Bernilai Komersial

Daerah
Spread the love

Sulawesi Selatan (PKnews.com)- Pada umumnya, Sekolah diidentikan dengan kegiatan yang mentok membahas teori, tanpa mengedepankan kreatifitas peserta didik. Berbeda dengan SMA Negeri 2 (SMADA) Selayar.

Sekolah yang terletak di sebelah utara Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan ini, menyandang sebutan, Gudangnya siswa kreatif dan Inovatif.

“Selama tiga puluh tahun, kami telah  mencetak banyak siswa kreatif dan inovatif berprestasi,” ungkap Plt. Kepala SMADA Selayar, Tajuddin, S. Pd, belum lama ini.

Diakui dia, sekolah ini telah menciptakan ragam prestasi yang disertai penguasaan keterampilan, dalam mengolah bahan baku berupa limbah, menjadi barang pajangan dan kerajinan pra karya bernilai komersial.

Hal demikian, merupakan bukti keunggulan SMADA Selayar, sebagai sekolah pencetak siswa, serta alumni peserta didik berkualitas, bermutu dan berdaya saing tinggi.

Hasil kreasi yang telah diproduksi siswa di sekolah ini, Diantaranya miniatur perahu, tempat ball point, asbak tempurung, box tissue, bingkai foto, box arsip, miniatur tugu berbahan baku bambu, bingkai foto, hiasan kulit koma, dan kerang.

“Itupun hanya sebagian kecil dari sekian banyak barang kerajinan tangan hasil sentuhan tangan dingin siswa kami. sebagian dari keterampilan pra karya siswa habis diborong oleh tamu-tamu sekolah, saat datang berkunjung ke SMADA Selayar,” imbuhnya.

“Box tissue, tercatat menjadi salah satu jenis barang kerajinan yang paling banyak diminati dan dibawah pulang sebagai cinderamata oleh rombongan tamu,” sambungnya.

Prestasi ini menjadi dasar Tajuddin membuat kesimpulan. SMADA Selayar layak menjadi salah satu sekolah berprestasi di Indonesia. “Sebuah bentuk alasan logis dan mendasar, yang patut menjadi bahan pertimbangan dalam memposisikan SMA Negeri Dua Selayar, pada deretan SMA berprestasi di tanah air,” pungkasnya.(Andi Fadly Dg. Biritta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *