HM. Yames SH Minta PT AMNT Angkat Kaki Dari KSB

Opini Sumbawa barat
Spread the love

 

Sumbawa Barat (Postkotanews.com) – Haji Muhammad Yames, SH akrab disapa Bang Yames, adalah putra Taliwang tulen. Ia merupakan cucu satu-satunya Dea Mas Cembuan, Datu Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Bang Yames tercatat sebagai anggota DPRD pertama Kabupaten Sumbawa Barat, pemekaran dari Kabupaten Sumbawa. Kini, memilih profesi menjadi pengacara. Selain juga menjabat Ketua Organda KSB dua periode ini.

Semangat dan jiwa aktivisnya saat menjadi Wakil Rakyat yang selalu bersuara kritis dan konstruktif masih melekat dalam sanubarinya. Bang Yames bicara blak blakan tentang keberadaan perusahaan tambang emas PT AMT di KSB yang belum membawa faedah untuk kesejahteraan rakyat di sekitar tambang dan KSB pada umumnya terlebih untuk NTB.

Keberadaan PT AMNT yang menggantikan PT NNT melakukan penambangan emas di Benete, Kabupaten Sumbawa Barat, kembali ia sorot. Pasalnya, kata Yames, keberadaannya terkesan tidak bisa mensejahterakan masyarakat KSB.

Untuk itu, Yames minta kepada pihak pemerintah bersama DPRD KSB dan penentu kebijakan PT AMNT duduk bareng untuk mencari formulasi cara yang kongkrit agar perusahaan tersebut bisa mensejahterahkan masyarakat di daerah Pariri Lema Bariri.

Sikap tegas dan berani Pemkab dan legislatif ditunggu-tunggu masyarakat. Dengan demikian, lanjutnya, masyarakat KSB tidak terkesan seperti ayam mati di lumbung padi dan menjadi penonton di daerah sendiri.

Yames menilai managemen PT AMNT sangat tertutup. Sehingga menjadi tanda tanya, ada apa dengan perusahaan tambang itu, “ada apa dengan dirumu PT AMNT” ?.tanya Yames

“0knum orang Sumbawa di internal managemen yang ada sekarang adalah sisa-sisa pengurus dari PT NNT yang diduga muka penjilat karena mereka adalah bagian dari informannya PT AMNT,” ungkap Yames melalui keterangan tertulis ke Postkotantb.com Sabtu malam (17/07/2021).

Selain itu, tandasnya, pemerintah daerah dan legislatif kurang tegas dan kurang greget, terkesan setali tiga uang.

“Percuma orang mau teriak, seperti apa diluar tembok AMNT, management selalu masa bodoh. Mau demo segala macam hanya lagu lama,” ketus Yames.

Menurut Yames, satu-satunya jalan terbaik angkat kaki saja dari Bumi Pariri Lema Bariri, jangan buat sakit berkepanjangan masyarakat Sumbawa Barat. (DM.02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *